Minggu, 29 November 2009

MENTIK

MENTERI TEKNOLOGI, INFORMASI & KOMUNIKASI, bukan beras Mentik lho...



Membuat homepage sederhana .

Homepage adalah halaman muka sebuah website. Sebuah dokumen dikatakan sebagai halaman website jika dokumen tersebut dapat dikenal oleh browser seperti internet eksplorer, mozilla firefox, opera, dll.

HTML (Hyper Text Mak-up Language) adalah sebuah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat file-file homepage dengan ekstensi *.html.

HTML Editor.

Secara umum editor HTML dibagi menjadi dua, yaitu yang berbasis text dan berbasis WYSIWYG. Editor yang berbasis text misalnya notepad, salah satu software kecil bawaan windows. Editor yang berbasis tampilan WYSISYG (what you see is what you Get), misalnya ; Microsoft FrontPage, CoffeeCup, HoTMetaL, Macromedia Draemweaver.

Tulisan ini akan membahas pembuatan homepage sederhana dengan menggunakan notepad. Setelah pembelajaran diharapkan ; (1) Dapat mengetahui elemen dasar homepage; (2) dapat membuat homepage sederhana; (3) dapat mengatur huruf dan background; (4) menyisipkan gambar; (5) membuat hyperlink.


1. Elemen Dasar HomePage

Dokumen HTML adalah sebuah dokumen yang diawali dengan (dibaca: tag html) dan diakhiri dengan (dibaca: tag slash html). Elemen dasar homepage dengan bahasa HTML terdiri dari ;

ELEMEN DASAR



Jenis dokumen

....

(terdapat pada awal dan akhir file html)

Judul

....


(harus selalu terdapat pada mukadimah)

Mukadimah

....

(keterangan umum, seperti judul dsb)

Batang tubuh

....

(isi dari halaman HTML)

2. Membuat homepage sederhana

Seperti ditulis di atas, maka untuk membuat homepage sederhana dengan menggunakan notepad adalah dengan menuliskan minimal adalah elemen dasarnya, caranya sebagai berikut;










Gambar (1) gambar (2)

a. buka program notepad, kemudian tuliskan seperti gambar (1)

b. simpan dokumen notepad tersebut dengan nama file tertentu, (misalnya home) dan diakhiri dengan ekstensi html (*.html).

c. buka file yang telah disimpan dengan browser. Hasilnya seperti gambar (2).

3. Mengatur huruf, dan background

Halaman website adalah halaman yang lebih banyak dilihat dengan monitor, pengaturan huruf dan dan warna yang tepat dapat membuat si pembaca web site menjadi “betah” dengan website yang kita buat. Namun warna maupun ukuran huruf yang terlalu ramai, misalnya lebih dari tiga jenis juga akan membuat isi tulisan yang dibuat kurang tersampaikan.

Berikut adalah tag (perintah) html berkenaan dengan pengaturan warna dan ukuran huruf;

FORMAT HURUF



Huruf tebal

...

(Bold)

Huruf miring

...

(italic)

Garis bawah

...

(underline)

Huruf kedip

...

(blinking)

Ukuran huruf

...

(ukuran ?, boleh diisi 1 sampai 7)

Warna huruf

...

(warna bisa menggunakan kode angka hexadecimal maupun nama warna)

Jenis huruf

...


BACKGRUOUND



Latar belakang gambar


(Tiled Background)

Warna latar belakang


(Background color- urutan: merah/hijau/biru)




4. Menyisipkan gambar

Gambar dapat membuat halaman web yang kita buat menjadi lebih menarik. Untuk menyisipkan gambar adalah dengan perintah '. contoh ;


5. Membuat hyperlink

Hyperlink adalah hubungan sebuah titik dengan file. File disini bisa berada di jaringan maupun dalam komputer kita. Untuk membuat hyperlink perintah yang digunakan adalah;

link yang dimaksud.

Misalnya kita pengin membuat link dengan google.com, maka bisa dengan perintah;

www.google.com>google.

2 komentar: